Matrikulasi Institut Ibu Profesional (dokumentasi materi-nhw-review)

Matrikulasi Institut Ibu Profesional adalah program kulwap berisi pembekalan bagi para emak2 maupun calon emak agar bisa memaksimalkan potensi sebagi Ibu, pendidik anak bangsa. Profesional di sini bukan dalam konteks Ibu Bekerja, melainkan Ibu sebagaimana fungsinya dan serta mampu menjalankan fungsi tersebut, baik dia bekerja, di rumah, atau keduanya.

..karena mendidik seorang perempuan sama dengan mendidik satu generasi..

Ada beberapa materi matrikulasi yang terdiri atas beberapa minggu, dan disertai NHW (Nice Homework) dalam rangka menginternalisasi ilmu yang diperoleh minggu itu. Nah beberapa NHW inilah yang kemudian bisa dituliskan dalam blog maupun Google Drive untuk bisa dibaca kembali oleh orang lain. Susunan materi meliputi kelompok: adab mencari ilmu, bunda sayang, bunda cekatan, dan ibu profesional.

Berikut adalah memento materi dan tugas selama mengikuti program ini. Mohon doanya agar diberikan keluangan melengkapi dokumentasinya.

  1. Materi #1 Adab Menuntut Ilmu
    NHW #1 Jurusan Kehidupan
    Review NHW #1 Fokus pada Jurusan Kehidupan
  2. Materi #2 Menjadi Ibu Profesional, Kebanggaan Keluarga
    NHW #2 Ayah & Uni Bahagia kalau Mamah
    Review NHW #2
  3. Materi #3
    NHW #3 Part 1 : Love Letter for Ayah dan Part 2 : Mengenali Runni
    Review NHW #3
  4. Materi #4
    NHW #4 Mendidik dengan Kekuatan Fitrah
    Review NHW #4
  5. Materi #5 Belajar Bagaimana Caranya Belajar
    NHW #5 Learning Design
    Review NHW #5
  6. Materi #6 Ibu Manajer Keluarga Handal
    NHW #6 Menata Rutinitas
    Review NHW #6 
  7. Materi #7 Rejeki Itu Pasti, Kemuliaan Harus Dicari
    NHW #7 Menata Prioritas
    Review NHW #7
  8. Materi #8
    NHW #8
    Review NHW #8
  9. Materi #9 Bunda sebagai Agen Perubahan
    NHW #9 Belajar Menjadi Agen Perubahan
    Review NHW #9

Awalnya saya skeptis dengan grup ini. Ah maybe just another whatsapp group yg isinya beragam dan kadang sumbu pendek saya tersulut adegan persotoy-an, tata bahasa kurang baik, share2an info gak jelas sumbernya, atau iklan (yg udh diingatkan berkali2 bahwa dilarang). Akan tetapi pendapat saya seketika berubah sejak awal masuk. Saya yang sebenarnya rada sinis sama sekali tidak terpancing mengritik baik langsung maupun tidak langsung tentang penggunaan grup. Semua behave. Semuaaa. Padahal sama2 newbie. Behave != diem ya. Pertanyaan dan interaksi tetap dilakukan dengan tata cara yang baik, yg itupun sudah dilakukan dari sebelum aturan dibacakan.

Saya yang suka koar koar ke mahasiswa, semua kudu berdasar kalau menerima dan menyampaikan informasi, harus ada referensinya. Eh di grup inipun dibudayakan hal ini. Tidak ada jawaban sotoy atau share materi tanpa referensi. Melalui 9 minggu saya semakin menyadari bahwa fasilitator yang bertugas memberikan materipun tidak hanya hapal materi tapi juga sudah sanggup mengimplementasikan dan menjadikan materi tersebut habit. Hal ini membuat hampir semua pertanyaan galau kami-kami mampu mereka jawab secara bijak.

Teringat seorang teman share bahwa di dunia yang disebut industri parenting, penyampai materi juga ditempa, harus sudah mengimplementasikan, dan bukan sembarang orang. Someday, bercita-cita semoga kelak bisa memantaskan berbagi ilmu dalam topik ini. Hal ini menyadarkan saya juga, sebagai pengajar dan penuntut ilmu masih banyak yang perlu dipantaskan agar bisa menyampaikan ilmu yang bermanfaat sekaligus bertanggung jawab terhadap ilmu tersebut.

Doa saya semoga teman-teman banyak yang bisa mengikuti program ini karena ilmunya bisa disebut ‘daging’ banget. Berasa. Dekat. Tidak meninggi. Sesuai kemampuan. Implementable selama berusaha. dan Gue banget.

Semoga kita semua bisa menjadi ibu sekaligus menjalankan peran kehidupan dengan lebih baik lagi.

8872FAF3-6A06-4A8F-B7FA-55EF58847433
Aliran rasa saya selama mengikuti matrikulasi IIP

#mommysDiary

3 thoughts on “Matrikulasi Institut Ibu Profesional (dokumentasi materi-nhw-review)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s