Jurusan Kehidupan – NHW #1 Matrikulasi IIP

Materi pertama yang saya ikuti dalam program matrikulasi IIP adalah ADAB MENUNTUT ILMU. Untuk mengendapkan ilmu, kami diberikan NHW (nice homework). Tulisan ini saya gunakan untuk menjawab NHW sekaligus menata pikiran dan recharge semangat menuntut ilmu.

Bismillahirrohmanirrohim

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.

It’s learning about learning. Yap, saya ingin belajar lagi tentang konsep belajar yang mencakup motivasi kita belajar, kecenderungan gaya belajar, cara menyajikan konten pembelajaran, dan behavior orang dalam belajar. Topik ini seakan tidak ada habisnya. Semakin dieksplorasi semakin saya sadar bahwa ilmu saya sedikit sekali.

Konsep learning itu banyak dikaji dalam keilmuan social science. Akan tetapi ada 1 hal dari konsep learning yang yang pasti yaitu belajar adalah fitrah manusia. selalu ada kecenderungan manusia untuk belajar dan mencari tahu. Hal yang menjadi masalah bukanlah malas belajar, melainkan belajar hal yang kurang bermanfaat baik untuk diri sendiri, maupun dalam pandangan lingkungan (orang tua, sekolah, masyarakat) .

2.Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.

Untuk memaksimalkan potensi dalam belajar bagi diri sendiri, maupun dalam menjalankan amanah sebagai dosen dan sebagai ibu, saya merasa perlu mendalami topik ini. Ini topik yang bisa dibaca melalui berbagai literatur, observasi langsung, serta bisa pengetahuan tentang hal ini bisa selalu diuji ketika berhadapan dengan anak. Hal yang paling ingin saya pahami adalah bagaimana anak bisa belajar dengan cara dan gayanya sendiri. Kadangkala karena keterbatasan pengetahuan orangtua lah, anak jadi tidak bisa belajar secara maksimal karena terbentur dengan pakem-pakem orang tuanya.

Mengapa belajar bisa jadi topik bahasan panjang dan menarik? Karena seiring perkembangan zaman dan teknologi, konsep belajar pun berkembang, tidak lagi harus formal di dalam kelas, melainkan bisa dimana saja kapan saja. Grup IIP di whatsapp ini jadi salah satu bukti bahwa belajar bisa dilakukan kapanpun dimanapun. Mungkin kelak, tidak hanya pembelajaran informal, namun juga formal bisa dilakukan dimanapun kapanpun, dan sesuai kebutuhan pembelajarnya.

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?

Strateginya ada dua. Yang pertama melalui pengamatan dan refleksi dalam kegiatan sehari-hari. Interaksi dengan anak merupakan cara saya merefleksikan semua pemahaman saya tentang belajar. Ada kalanya bahagia karena apa yang dipahami berhasil diterapkan. Ada kalanya bersedih menyadari saya khatam teori tapi tidak ilmu praktikalnya.

Strategi kedua adalah melalui belajar itu sendiri baik dengan membaca, mengajar, dan mengikuti kegiatan-kegiatan seperti kulwap IIP ini yang sarat akan ilmu.

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.

Beberapa lesson learned yang bisa saya ambil dari pembelajaran tentang ADAB MENUNTUT ILMU adalah tidak pernah boleh merasa cukup tau atau paling pintar. Hehe dan memang seperti itu. Makin banyak belajar makin makin merasa sekecil debu. Selain itu saya kembali diingatkan bahwa belajar sesuatu hal memang tidak cukup sekali. Pengulangan itu perlu. Pengulangan untuk merangkai neuron dalam otak sehingga ketika keterkaitan itu terbentuk, pemahaman kitapun tentang suatu ilmu akan semakin baik. Begitu pula pemahaman akan pemanfaatan ilmu tersebut dalam hidup kita.

Alhamdulillah

Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia

4 thoughts on “Jurusan Kehidupan – NHW #1 Matrikulasi IIP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s