Mendidik dengan Kekuatan Fitrah – NHW #4 Matrikulasi IIP

Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.
a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Tidak, jurusan ilmu yang ingin dan akan dikuasai masih sama yaitu: mempelajari tentang learning. Jurusan ini pula yang saya anggap dapat menjadi bekal saya ketika menjadi bunda sayang dalam mendidik anak-anak dan bunda shalihah dalam menjawab peran dan karya untuk memberikan manfaat bagi orang lain/orang banyak.

——

b. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Checklist tersebut belum secara benar-benar dilaksanakan, belum juga disusun secara komprehensif. Melalui materi #4 ini saya kembali diingatkan bahwa checklist dibuat sendiri dan harus dilaksanakan sendiri juga agar manfaatnya dapat berasa untuk diri sendiri dan keluarga. Namun dengan membuat checklist tersebut terkadang jadi reminder saya walaupun belum 100% dilaksanakan.

——

Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Selama beberapa hari ini saya berpikir bahwa mungkin saja peran saya adalah menjadi middle man, yang menghubungkan satu pihak ke pihak lain, sekalipun manfaat dan eksistensi di masyarakat jadi milik pihak-pihak ini. Saya memiliki kenalan dari berbagai komunitas dan ada saatnya saya menghubungkan orang-orang dari komunitas ini. Middle man tentu saja tidak terlihat perannya. Selain itu mungkin Allah menunjukkan jalan saya harus menjadi dosen/seorang pendidik karena latar belakang keluarga saya pula. Sebagai dosen saya seringkali harus memberikan materi secara teoritis, namun karena saya juga memiliki suami praktisi, teori itu terus menerus di-challenge penggunaannya di dunia nyata, sehingga pada akhirnya kami dapat menyampaikannya ke para mahasiswa agar mereka memperoleh wawasan lebih dari sekedar teori.

Topik keilmuan lain yang saya sangat sukai dan seakan-akan tidak pernah ada habisnya digali adalah knowledge management (KM). Tanpa saya sadari konsep ini berkaitan erat dengan proses pembelajaran maupun cara menyampaikan pengajaran. Mungkin inilah salah satu rahasia Allah kenapa membuat saya ‘terdampar’ di keilmuan KM, supaya kelak dapat dimanfaatkan untuk menata pikiran dan menyampaikan ilmu dengan lebih baik dan tepat sasaran.

Adapun hal lain yang selalu saya pikir menjadi kekurangan serta hal yang mudah mengalihkan fokus saya: gemar menonton. Hal ini kemudian tanpa saya sadari menjadi tambahan pengetahuan tersendiri bagi saya seperti konten yang baik dan buruk yang dapat disebarkan melalui media tontonan, baik secara eksplisit maupun implisit. Mengapa hobi ini tidak sekalian saja ditekuni dan pengetahuannya di-share kembali dalam topik besar yaitu digital literacy (bijak menggunakan media). Masih selaras dengan dunia edukasi, hanya saja penyajiannya dalam bentuk informal.

Berdasarkan upaya mengenali diri sendiri di atas,  maka saya dapat merumuskan hal berikut:

Misi Hidup : menyampaikan ilmu ke orang lain, baik melalui tulisan formal dan informal, maupun pengajaran
Bidang : Pembelajaran, Sistem Informasi, Digital Literacy
Peran : Dosen, edukator

——–

d. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Untuk bisa menjadi memberikan manfaaat sebanyak-banyaknya sebagai pengajar ilmu yang perlu saya kuasai adalah sebagai berikut:

  1. Ilmu agama agar dapat terus mendekatkan diri kepada yang Maha Pencipta, memahami isi Quran, dan menselaraskan pembelajaran keilmuan lainnya dengan ajaran islam dan tuntunan Quran
  2. Ilmu keluarga dan parenting sebagai bekal untuk menjalani peran sebagai ibu, istri, dan anak-anak dengan sebaik-baiknya
  3. Ilmu manajerial dan produktivitas  berupa time management, profesionalisme dengan harapan banyak hal yang bisa dicapai baik sebagai ibu maupun pengajar
  4. Ilmu terkait akademik (learning design, digital literacy, information system curricula)

———

e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

Saya menetapkan KM 0 pada usia 30 tahun, namun belum banyak berkembang sejak itu. Melalui program matrikulasi ini saya banyak diingatkan untuk memberikan 100%, bahkan beyond limit, jika perubahan yang ingin saya lakukan itu dapat direalisasikan. Hal yang saya dapat lakukan adalah belajar, menerapkan, dan menuliskan agar semua ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dapat tertata dan mencerahkan pikiran. Milestone yang ditetapkan adalah sebagai berikut:
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu pengajaran
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar produktivitas dan manajerial agar dapat membagi waktu dan peran di rumah maupun di luar rumah dengan baik
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu tentang social preneur agar kelak dapat merealisasikan mimpi memiliki suatu legacy yang bergerak di bidang sosial maupun edukasi
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Selesai melanjutkan studi S3 tentang learning

e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

 

One thought on “Mendidik dengan Kekuatan Fitrah – NHW #4 Matrikulasi IIP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s