Learning Design -NHW #5 Matrikulasi IIP

Tugas Nice Homework Pekan ini bertema Belajar Bagaimana Caranya Belajar, yaitu membuat desain pembelajaran (learning design) ala kita sendiri. Syaratnya hanya 1: “harus gue banget”. AAAkk… Estatic!! Super bahagia mengerjakan NHW materi 5 ini.. Semacam bermain di daerah kekuasaan.. huahahaha.. Learning design yang saya pahami bisa sangat beragam. Kali ini yang saya buat tidaklah mengacu pada suatu framework/model tertentu, melainkan orisinil dibuat sendiri sesuai kebutuhan. Learning design inipun tidak dibuat secara mendetail karena mengenali diri saya yang sulit untuk mengikuti sesuatu secara detail dan rutin. Jadilah hal yang saya perlu lakukan adalah membuat haluan besarnya saja dan jadi panduan untuk ke depannya. Saya menyebutnya Learning Design v.01 karena mungkin seiring waktu akan berubah dan berkembang sesuai kebutuhan.

learning-design-ami
My Learning Design v.01

Oke saya coba jelaskan setiap bagiannya. Diawali dengan 3 Peran besar saya di kehidupan ini: sebagai hamba Allah, menjaga keluarga (istri, ibu, dan anak), dan pilihan hidup dalam mengabdi untuk kepentingan masyarakat (dosen, pelajar). Peran ini yang mendasari topik apa saja yang perlu saya pelajari. Belajar itu perlu koridor apa yang boleh dan tidak boleh, sehingga learning design ini disertai komponen Learning Foundation yang maknanya adalah acuan kebenaran hal-hal yang bisa saya pelajari, yaitu selaras dengan Islam & Al-Qur’an, Fitrah Based (tidak bersifat memaksakan nature saya sebagai manusia, perempuan, dan telah punya potensi tertentu), serta beriorientasi keluarga (hal-hal yang dipelajari harus memiliki manfaat langsung maupun tidak langsung untuk keluarga). Selanjutnya saya mendefinisikan hasil dan dampak belajar yang saya harapkan dalam Learning Output/Outcome. Inti belajar adalah untuk menjadikan diri lebih baik, termasuk hamba Allah yang lebih baik. Dari sana diharapkan saya mampu mendidik anak lebih baik lagi dan menjaga kebahagiaan keluarga. Selain itu hasil belajar dan pengalaman dituangkan ke dalam bentuk tulisan sehingga bisa bermanfaat bagi orang lain.

Learning Method merupakan cara belajar. Saya hanya memasukkan cara belajar yang biasa dan cocok untuk saya lakukan. Hal yang unik di sini adalah observe, re-write & tell. Observasi cocok untuk saya dalam belajar time management karena saya belajar dari mengamati suami yang kebetulan kemampuan pengaturan waktunya luar biasa. Re-write & tell saya gunakan sebagai metode belajar karena saya perlu media mencerahkan pikiran dari flood informasi maupun artikel-artikel terkait topik belajar saya. Kedua kegiatan ini ampuh digunakan untuk menstrukturkan kembali pengetahuan yang dipahami, juga memperkaya pengetahuan dan sekaligus (harapannya bisa) bermanfaat bagi orang lain yang membaca. Learning tools yang digunakan mencakup kegiatan formal dan informal. Seperti matrikulasi IIP ini. Sekalipun informal, melalui whatsapp (kulwap), namun berisi dan terstruktur.

Last component, but not least, Learning Topics. Hal ini merepresentasikan topik-topik pembelajaran apa saja yang ingin saya pelajari, setidaknya dalam waktu 4 tahun ke depan. Saya beri pewarnaan untuk mengelompokkan topik tersebut yang bersesuaian juga dengan peran-peran saya. Biru untuk ilmu agama, biru untuk ilmu terkait keluarga, pink untuk productivity & self improvement, dan oranye untuk ilmu terkait aktualisasi diri dalam bidang akademis. Topik-topik yang saya pelajari ini kemudian saya coba petakan dalam timeline rencana belajar dengan KM-0 adalah tahun ini, di umur 30 tahun, yang dapat disajikan di bawah ini.

 

timeline-learning-iip
Timeline Belajar

 

Okay, it’s a wrap tulisan tentang learning design ini. Semoga bermanfaat untuk yang membaca, termasuk saya sendiri hehe.

 

One thought on “Learning Design -NHW #5 Matrikulasi IIP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s