Belajar Menjadi Agen Perubahan – NHW#9 Matrikulasi IIP

BUNDA sebagai AGEN PERUBAHAN

Bunda, kalau sudah menemukan passion (ketertarikan minat ) ada di ranah mana, mulailah lihat isu sosial di sekitar anda, maka belajar untuk membuat solusi terbaik di keluarga dan masyarakat.

Rumus yang kita pakai :

PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE

Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Sedangkan social enterpreneur adalah orang yg menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan enterpreneur.

Sehingga bunda bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

Hal ini akan membuat kita bisa menyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam.

Mulailah dari yg sederhana, lihat diri kita, apa permasalahan yg kita hadapi selama ini, apabila kita bisa menyelesaikan permasalahan kita, dan membagikan sebuah solusi, bisa jadi ini menjawab permasalahan yg dihadapi oleh orang lain. Karena mungkin banyak di luar sana yg memiliki permasalahan yg sama dengan kita.

Setelah selesai dengan permasalahan kita sendiri, baru keluar melihat isu sosial yg ada di sekitar kita. (dituliskan kembali dari soal NHW kelas Matrikulasi IIP Batch#3 Nice Homework #9


Nah ini hasil contoh NHW #9 yang saya buat.. Template yang digunakan memang disertakan bersama soal NHW nya..

Screen Shot 2017-03-25 at 4.28.04 PM

Ah this is it.. šŸ™‚ Epic NHW of all.. Alhamdulillah sudah dipertemukan dengan kelas ini.. Di kelas ini saya kembali menggali jati diri, mengingat kembali apa saya dan peran saya di muka bumi, dan ditutup dengan menegaskan kembali apa yang kita ingin lakukan untuk masyarakat tanpa meninggalkan peran utama yaitu makhluk Allah, anak, istri, dan ibu. Seringkali jawabannya sudah di depan mata, hanya saja terhalang rasa kurang percaya diri, lieur terlalu banyak informasi yang berseliweran, dan jauh dari Maha Pencipta (kurang ibadah). Bismillah..Ā niatkan.. usaha.. insya Allah ada jalan untuk jadi lebih baik dari hari ke hari dan bisa membawa manfaat untuk orang di sekitar. Amiin..

One thought on “Belajar Menjadi Agen Perubahan – NHW#9 Matrikulasi IIP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s