Strategi Mamah jadi Satpam Youtube

Apa itu Satpam Youtube? hahahaha Itu adalah istilah saya untuk tetap berkuasa (eh posesif) terhadap anak yang suka nge-Youtube.. Ada beberapa strategi yang saat ini saya terapkan untuk memberikan akses (berbatas) untuk teteh ekplorasi mandiri melalui Youtube.. Waktu dan Frekuensi Tentunya rumah jarang sunyi senyap.. Tiap hari udah kayak perang dunia buat menerapkan screentime berbatas…

Read More

Prinsip Parental Control Gadget untuk Runni

As said in the previous writing, Runni, sebagaimana anak piyik generasi-z lainnya, adalah digital native.. Gak usah diajarin juga dia ngerti cara pakai gadget, sampai ke yg orang tuanya pun gak tau.. Perlu ada pendefinisian prinsip dan strategi untuk ย parental control anak generasi-z yang auditori seperti teteh.. Prinsip yang (finally dipahami) dan diterapkan untuk teteh…

Read More

Teteh Auditori, Youtube, versus Mamah Posesif

Runni (5 yo) nyanyi lagu 17 Agustus dan Indonesia Raya dengan suara toa-nya, fasih, dan lantang.. Mamahnya bangga bener dengernya, sebelum kembali tersadar kalau saat itu kami di…. gerbong kereta jarak jauh dimana penumpang lainnya pada tidur.. Okay it’s fine.. asal gak di pesawat ajah.. oh wait, udah kejadian ding.. M: kok runni hebat sih?…

Read More

Day #13 Pengamatan Pertumbuhan Anak

Tulisan kali ini sebenarnya agak nyeleneh dari topik gaya belajar anak.. Namun menurut saya gaya belajar dan bakat fitrah pertumbuhan anak masih terkait walaupun tidak langsung.. Lucunya punya anak 2 beda gender itu bs menyadari bahwa Allah itu adil.. Adik can do certain skill on such age krn dia punya kontrol motorik lbh baik dr…

Read More

Day #12 Pengamatan Gaya Belajar Anak

Haiii masih bertemu lagi dengan pengamatan teteh dan dikit2 ke adik.. Tanggal 18 September 2017 Aktivitas Simulasi: Cuci underwear tetap ada (kinestetik).. udh gak pake drama karena udh sadar diri.. udh tau juga knapa mamah marah? Karena najis.. kenapa kalo najis? Krn org lain yg kena jd gak bisa shalat.. dikit lg ke pemahaman klo…

Read More

Day #11 Pengamatan Gaya Belajar Anak

Haii hari ini dokumentasi lagi kegiatan teteh belajar melalui kegiatan sehari-hari.. Separo hari dihabiskan di kereta, jd ya cuma isinya ngomong2 doang.. Jadi sadar anak auditori itu klo lg di dalam kendaraan bs gak mati gaya.. cuma perlu ngomong non stop or nyanyi juga udah hepi.. Tanggal: 17 September 2017 Aktivitas Simulasi: Nyanyi lagu2 nasional,…

Read More

Day #10 Pengamatan Gaya Belajar Anak

Haii hari ini dokumentasi lagi kegiatan teteh belajar melalui kegiatan sehari-hari.. Tanggal: 16 September 2017 Aktivitas Simulasi: Cuci underwear karena pupu tidak di toilet (auditori, kinestetik) –> jadi rutin dong ๐Ÿ˜…, rutin jg ngomelnya Tanya jawab sama ayah tentang rumah (auditori) Belajar mengontrol diri ketika nonton: frekuensi nonton per pinjem hape (auditori) –> coba dirutinkan…

Read More

Day #9 Pengamatan Gaya Belajar Anak

Haiii lanjut lagi report pengamatannya ya.. Tanggal: 15 September 2017 Aktivitas Simulasi: Cuci underwear karena pupu tidak di toilet (auditori, kinestetik) Tanya jawab bersama ayah tentang motor dan bensin (auditori) Belajar mengontrol diri ketika nonton: frekuensi nonton per pinjem hape (auditori) Main sepeda listrik eyang (kinestetik) Hari ini tidak terlalu banyak cerita aneh-aneh ya.. Palingan…

Read More

Day #8 Pengamatan Gaya Belajar Anak

Haii karena udah mati gaya mau nulis apa lagi, dan ditambah lagi ruwet pikirannya, maka sampailah ke episode pengamatan gaya belajar anak.. Tentunya melalui kegiatan sehari-hari yang rutin saja.. Tanggal: 14 September 2017 Aktivitas Simulasi: Melihat kereta, tanya jawab tentang perkeretaan di stasiun, dan naik kereta (visual, auditori, kinestetik Cuci underwear karena pupu tidak di…

Read More

Day #7 Memahami Strategi Belajar Kinestetik

Haii kali ini tulisannya berisi upaya untuk memahami lebih dalam mengenai strategi belajar kinestetik dalam konteks mamah vs teteh.. *Strategi untuk mempermudah proses belajar anak kinestetik:* ๐Ÿ”นJangan paksakan anak untuk belajar sampai berjam-jam. ๐Ÿ”นAjak anak untuk belajar sambil mengeksplorasi lingkungannya (contohnya: ajak dia baca sambil bersepeda, gunakan obyek sesungguhnya untuk belajar konsep baru). ๐Ÿ”นIzinkan anak…

Read More