Day #5 Memahani Strategi Belajar Auditori

Hai-hai jadi di hari kelima ini saya coba memahami lagi mengenai strategi belajar auditori yang telah disampaikan pada materi bulan ke-empat ini.. Belum ideal dilakukan dengan memberikan stimulasi permainan dan mengamati cara belajarnya.. Selain karena masih banyak wira wiri, saya juga belum benar-benar paham tentang strategi gaya belajar auditori..

🔹Ajak anak untuk ikut berpartisipasi dalam diskusi baik di dalam kelas maupun di dalam keluarga. 

Untuk anak umur 5 tahun, yang memungkinkan dan sering diterapkan itu kalau menentukan mau pergi kemana, atau makan kemana.. Diawali karena yg juara soal pilih makanan adalah teteh, maka daripada mubazir slash drama, mending dia sekalian yang menentukan sejak awal.. Eh it turns out become blessing in disguise.. 

🔹Dorong anak untuk membaca materi pelajaran dengan keras.

Saya skip karena teteh belum bisa baca

🔹Gunakan musik untuk mengajarkan anak.

Oh iya pantesan teteh cepet nerima/hafal sesuatu yg melalui lagu.. walaupun ternyata setelah diamati dia gak selalu paham artinya. Untuk membuat dia hafal lagu pendek itu bisa on one go. Semalem doang. Kalau orang bilang otak anak kecil seperti sponge. Ya benar. Akan tetapi jangan lupa sponge kan gampang nerima, tp klo diperes ya gampang juga keluarnya hahaha.. Repetition is still neeeded..

🔹Diskusikan ide dengan anak secara verbal.

Ini iya sudah dilakukan. Kami memahami bahwa teteh anak yang tau apa maunya, sekalipun masih piyik kayak gitu.. Makanya saya suka gedeg banget dengan hobi nontonnya dan suka terdampar di yg gak jelas, bahas squishi lah, bahas unboxing mainan lah.. Neng kita teh makin bodoh aja nonton beginian.. Curcol..

Anyway, jadi sering kami bertanya dulu ke teteh utk suatu putusan besar, tidak hanya mau makan dimana.. Sekolah dia, itu atas pilihan dia sendiri.. Ditambah berbagai ekskul yang juga atas pilihan sendiri.

🔹Biarkan anak merekam materi pelajarannya ke dalam kaset dan dorong dia untuk mendengarkannya sebelum tidur. 

Sebenarnya sekarang anaknya udah ngerti nge-vlog.. Jadi tinggal emaknya aja yg harus cukup waras untuk mencari ide menuangkan hobi ini jadi sesuatu yg produktif dan konstruktif.

One thought on “Day #5 Memahani Strategi Belajar Auditori

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s