Creating Reading Habit Day #2: Adik dan Buku

Haii.. kembali lagi ke tugas IIP.. sekarang temanya pas banget sama salah satu habit yang ingin dibentuk untuk diri sendiri dan anak-anak.. Salah satu solusi menjauhkan dari TV dan gadget ya dengan baca buku, real book.. Ya udah tau begitu kan tapi gak serta merta bisa change mode jadi pembaca buku.. Perlu proses pengenalan dan pengalaman yang menyenangkan untuk kembali mencintai buku..

Sebenarnya kenapa pada suka nonton, karena penasaran dengan cerita, and to have some fun.. Lalu, kenapa harus buku.. Ya balik ke hal mendasar, curiosity.. Nyuruh mah diri sendiri or anak mah bubar kalo rasa ingin taunya gak ada, atau ada namun tidak cukup besar untuk bertahan sampai bukunya selesai.. Oiya karena lebih baik mengajari bocah piyik itu via teladan, maka mamahnya perlu refreshment.. Jadi buka-buka blinkist lagi sebagai starter re-creating reading habit.

Anyway, di tulisan ini mau cerita sedikit tentang adik.. lucu liat dia tertarik sama buku, suka mengamati gambarnya.. Sisa-sisa tugas di game sebelumnya.. Saat mengamati kakaknya yang auditori, gak sengaja juga melihat adik yang sepertinya lebih cenderung visual.. Itu stok buku kecil2 hasil perjuangan big bad wolf alhamdulillah kepake juga.. adik masih di fase lihat-lihat dan mendengarkan.. jika disetelin walter wwp atau e-pen halo balita masih lebih suka yang lagu, daripada yang bercerita.. mungkin emang masanya.. sebagaimana dia lbh suka dengerin lagu baby shark, daripada dengerin kakaknya nonton suatu kartun

Desain pohon literasi masih dalam perjalanan hahaha.. jadi belum bisa didokumentasikan.. mungkin di sini mencatat calon daunnya dulu yaa..

Day 1
Ayah: Komik Sufi Rumi
Mamah: The now habit
Teteh: seri dongeng jujur dari KPK – mukena, yuk berani jujur,
Adik: Wow Amazing Series – gajah dan bulbul, laut

IMG_4817.JPG
Abaikan tampangnya yg lagi gak keren

#Day2
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst