Review Paper – Sebuah Cara Memetakan Pengetahuan Terkini

Jadi di hari ke-8 ini teteh skip dibacain buku.. ayahnya ada tontonan.. emaknya lagi crash aplikasi word nya.. jadilah betah ngoprek buat benerin..

Jadi hari ini dokumentasinya apa yang dilakukan emaknya dalam membentuk habit membaca ya. Semoga kelak lesson learned nya bisa diteruskan ke anak-anak.

Jadi bagian dari riset dan studi S3 adalah membaca banyak.. buanyaaak paper untuk tahu kondisi keilmuan terkini untuk topik yang sedang diteliti..

Caranya lucu deh.. biasanya kan kita gugling ya suatu topik atau judul trus baca hasil temuannya. Nah kalau review paper itu kita bongkar berbagai penerbit jurnal/prosiding (buku kumpulan) paper (artikel ilmiah).. Kemudian didaftarkan berbagai judul dengan kata kunci yg telah didefinisikan sebelumnya, dan relevan dengan topik yang diteliti.. Setelah itu dibaca abstraknya (rangkumannya) untuk mengidentifikasi apakah benar bahasannya relevan.

Dari kumpulan paper yang telah disaring kemudian dianalisis polanya baik dari kesamaan faktor yang dibahas, kesamaan demografi objek riset, pola contoh terapannya, dan lain-lain.. Hasilnya kemudian dituliskan kembali sebagai sebuah Review Paper, yaitu tulisan ilmiah berisiย sajian keilmuan terkini dengan kontribusi penulisan berupa analisis statistik, pola topik yang sedang tren maupun ragam metode yang digunakan.

Melalui Review Paper kita dapat capturingย kondisi keilmuan terkait, tren topik riset (untuk mencari teman senasib atau untuk mencari pembenaran bahwa topik kita masih relevan untuk riset, serta pembenaran bahwa belum ada riset yang benar-benar serupa dengan topik yang sedang dieksplorasi)

Mungkin sekian dulu bahasan singkat tentang metode membaca artikel ilmiah dan menulis review paper.

#Day8
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst