Membaca di Pesawat & Alternatif Pekerjaan di Masa Depan

Haii jadi di tengah-tengah Game IIP membentuk habit membaca ini kami melewati perjalanan menggunakan pesawat. Sebagaimana kebiasaan bahwa males bawaan banyak-banyak kalau lagi di perjalanan, apalagi bawa buku gede-gede.. Jadilah di pesawat anak-anak membuka-buka majalah yang ada di sana..

Walaupun tidak bisa membaca, ternyata ada lesson learned yang bisa diambil oleh teteh.. Namanya Linkers di pesawat Citilink. Lucu deh, iseng-iseng mau cari cover nya untuk dimasukkan dalam blog ini, tapi ternyata malah menemukan link versi digitalnya. Penyajian yang juga oke karena disertai efek membuka halaman majalah. Untuk majalah yang (dikira) hanya ditemukan di pesawat, ini oke juga.

Screen Shot 2017-11-05 at 6.00.39 AM
Contoh isi majalah yang diakses digital

Di pesawat mah bacanya versi cetak..

Nah yang menarik dari artikel yang dimuat adalah tentang dokter yang kemudian menjadi pilot.. Jadi bertambah deh kamus pekerjaan yang bisa jadi jawaban teteh “Uni mau jadi pilot dokter”.. Emang iya ya,, di era ketika dia besar nanti mungkin pekerjaan dan spesialisasi tidak hanya satu, bisa dua atau lebih.. Era yang disebut-sebut dunia tanpa pekerjaan..

Mungkin lebih tepat bukan disebut tanpa pekerjaan, melainkan bentuk dan mekanisme pekerjaan sudah jauh berbeda dengan apa yang kita hadapi saat ini.. Oleh karena itu, salah satu alternatif bentuk karir adalah multi-spesialisasi.. Bukan karena maksa, bukan karena sok pinter, tapi ya sesederhana emang yang ingin dipelajari banyak.. Saat ini mungkin sudah banyak yang menekuni, hanya saja masih berupa pilihan spesialisasi mana yang dipilih sebagai prioritas.. Ah.. Pencerahan emak-emak galau kadang (eh sering ding) diperoleh di tempat yang gak disangka-sangka.. Di perjalanan yang seharusnya jadi ajang leyeh-leyeh (tapi bohong), nemu aja beginian..

Last,
AHA moment! terkait ide di pekerjaan maupun dunia parenting seringkali diperoleh ketika sangat jauh dari HP (padahal ditaro di tas doang).. 2 jam aja lepas dari HP begitu besar manfaatnya.. Otak sempat mengendapkan berbagai hal yang dibaca di HP.. Diri juga sempat menikmati hidup di luar dunia maya.. Seimbang itu proses ya.. Mau/niat itu pilihan.. Niat hidup seimbang di era digital perlu, namun proses menuju ke sana yang melewati banyak trial & error..
#digitalLiteracy

#Day10
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst