Berlatih Membaca Data

Untuk ngumpulin tugas bunda sayang IIP malam ini gagal maning tentang anak.. Jadi lagi-lagi krucil uda bobo sebelum mamak keingetan harus membacakan sesuatu.. Jadi yg diceritain (lagi-lagi) bacaan mamak aja ya..

Lagi gaya.. kemaren sok gaya bacaannya paper.. eh senior idola (karena progress S3 paling cepet dan keren) bacaan datanya dari McKinsey.. dan si saya berhenti sampe APJIIΒ  doang (untuk tren internet) dan pemanfaatan teknologi dari ITU.. gak mau kalah, dr tadi sore yg dibuka-buka rilis data tentang internet dan pemanfaatannya di era digital oleh Nielsen dan McKinsey.. Tapi keburu pengen nonton (nah kan godaan setan mah ada aja terus).. Besok (rencananya) mau ngulik-ngulik webnya BCG dan Marketerz..

Sambil baca teh sambil sembari semi pengirian sama mantan-mantan pekerja di BCG, Nielsen, McKinsey yg sekarang sukses membangun startup-nya, including pak suami.. Bagaimana kemampuan mereka membaca data dan pasar sempat diasah di perusahaan-perusahaan besar multi-nasional seperti ini..Β 

Sambil baca juga tetep sambil ngiri klo uangnya banyak, bisa beli data paling current yang bisa memetakan kondisi real-time saat ini tentang suatu prilaku di masyarakat..Β 

Sambil ngiri juga gimana orang dengan pinternya merumuskan metode pencarian data.. Hal-hal yang umum dan tampak random tapi bisa dipetakan dan dicari polanya dengan perhitungan komprehensif..

Sambil baca juga sambil menguatkan bahasan kalo Neuroscience itu topik layak buat jadi “selingkuhan” bidang ilmu yang ditekuni.. hehe.. Salah satu layanan perusahaan yg bergerak di bidang ‘membaca pasar’ adalah tentang customer neuroscience.. hahaha.. bukan pengen belajar membaca pasar sih, tp lebih ke pengen punya sense membaca pola prilaku masyarakat secara umum.. supaya kalo menyimpulkan sesuatu, atau membuat konten edukasi tertentu bisa cocok untuk kebanyakan orang..

Semenjak liat seorang mba mba idola dari dunia IT pengen lanjut S2 neuroscience, saya bertanya-tanya.. Kenapa ya.. dan lama-lama risetnya dan belajar parenting-nya bersentuhan juga sama ini karena membahas tentang ‘belajar’.. keinginan ngulik lebih jauh gimana proses belajar manusia di otak dan prilakunya ini seru.. Teringat lagi cita-cita tertunda bahwa dulu punya impian S2 psikologi tapi mundur teratur karena dapat insight bahwa saya harus kuliah linear (padahal blm ada keinginan jadi dosen).. Alhamdulillah setelah beberapa tahun berlalu, sampai juga ke (keharusan) ngulik2 tentang psikologi walaupun nyerempet doang terkait prilaku belajar, sama (maksa) nyerempet ke neuroscience (yg bagian kognitif, itu juga cuma setitik debu yg udah dibaca), padahal gak ada yg nyuruh..

#Hari12
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst