Review Pandu 45 (part. 2)

Hari ini mau bahas lagi mengenai Pandu 45 yaitu definisi “Kekuatan” itu sendiri. Pada tulisan ini telah dibahas arti Pandu 45. Identifikasi kekuatan dilakukan dengan memetakan aktivitas ke dalam 4 kuadran yang merepresentasikan karakteristik meliputi: bakat & bukan bakat, minat & bukan minat, serta produktif & tidak produktif. Keempat kuadran tersebut adalah:

  1. Kekuatan ~ enjoy, easy, excellent, earn
  2. Hobi ~ enjoy, easy, excellent
  3. Kompetensi ~ easy, excellent, earn
  4. Sia-sia Waktu ~ nothing

Ketika itu menjadi kekuatan anak, maka sesuai cirinya, maka aktivitas yang menjadi bagian dari bakat anak akan terasa mudah dan seisi dunia seperti mendukung.

~ Penerapan ~

Untuk mengamati apa yang menjadi kekuatan teteh dan adik, saat ini sifatnya masih intuitif emaknya. Ya ini menjadi bagian dari fitrah orang tua juga kan ya dalam mendidik dan mengenali anaknya. Yang sulit adalah ketika kekuatan itu masih terlihat sebagai hobi karena tidak umum, dan hanya seperti layaknya anak kecil bermain. Ini mungkin yang menjadi ruang untuk orang tua berperan, yaitu mengarahkan agar menjadi kekuatan untuk meninimalisir dampak negatif (jika ada) dari hobi yang dilakukan.