Bermain Play Dough & Resepnya

Ceritanya lagi mau rehat dulu dari per-slime an karena kotor dimana-mana. Selaen itu rada horor karena bahan slime membuat parno all the time semisal bocah lupa cuci tangan setelah bermain slime, tapi langsung pegang makanan. Akhirnya kembali ke mainan sebelumnya: Homemade Play Dough.

Dulu ada teman cerita resep playdough pakai cream of tartar. Maka saya selama ini mengikuti itu walaupun kadang berasa agak basah. Kemarin pas mau coba lagi, itu resep ilang. Jadinya gugling dapat resep mirip tapi versi bule. Sama, jadinya bagus tapi rada basah, jd bisa dimainin, tp masih nyisa sedikit serbuknya di tangan. Oh iya kedua resep ini jadinya banyak, tapi lelah (bilang aja lemah) pas ngaduk2 di kompornya.

Hari ini alhamdulillah dapet inspirasi. Coba kalau resepnya dibuat separuh supaya gak kebuang, tapi persentase minyaknya tetap. Tadaaa. Berhasil.

IMG_8555
ini pas baru mateng udah dibagi-bagi siap diwarnain

Tekstur play dough nya bagus. Kayak play d*h beneran. Mungkin agak greasy di tangan, tapi lebih baik daripada yang nempel tepung. Susah dibersihin. Perihal tahan lamanya belum tau ya. Baru mau diamati kuat berapa hari jika disimpan dengan baik dan benar, sebelum kering atau berjamur.

IMG_8557
glossy ya versi yang udah diwarnain

Ini dia resepnya yang di-custom dan diadopsi dari sini:

  • 8 sendok tepung (versi bule 1/2 cup)
  • 118 gr air (versi bule 1/2 cup)
  • 2 sendok keciiil garam (versi bule harusnya 1/2 cup, tp garam tersedia di rumah lagi garam bali artisan, mahal, maka harus diirit)
  • 2 sendok makan minyak (versi bule 2 tbs)
  • 2 sendok makan cream of tartar (versi bule 2 tbs)

Campur semuanya di panci anti lengket. Panaskan pakai api kecil. Trus diaduk2 dulu. Pelan-pelan akan ngegumpal. Trus dicampur. Kalau sudah mulai jadi 1 gumpalan besar. Tekan-tekan dan balik sampai semua sisi bergantian kena panas panci. Ini untuk menjamin gak ada adonan yang masih basah tersembunyi di tengah gumpalan. Sampai kita yakin semua gumpalan udah berubah wujud. Matikan api. Udah deh, tinggal diwarnain dan dimainkan. 🙂