Mengenal Si Kumbi

Jadi sesi mendongeng berikutnya alhamdulillah bisa diterapkan selaras dengan pelaksanaan control gadget di rumah. Bangga deh sama teteh, dia kerja keras menahan diri menonton. Tetap minta, tapi ya gak guling-guling ketika dilarang.

Sesekali terdengar dia bangga ke adiknya bilang: teteh aja bisa gak nonton. Sudah seminggu terakhir kami menerapkan hanya boleh nonton baik untuk ortu maupun anak di atas jam 8. Berhasil, namun sepertinya kurang sehat, karena jadi tidur jam 11.

Akhirnya kemarin saya atur kembali aturannya bahwa setelah Isya boleh nonton, tapi diakhiri jam 9 (atau lebih-lebih dikit hehe).. Jika sudah, teteh pilih sendiri buku yang mau dibacakan.. Alhamdulillah berhasil.. Jam 9an dia diminta udahan bisa. Dia bilang 1 tontonan lagi dan kemudian dimatikan, pilih buku, dan ke kamar sendiri.

Buku yang dipilih ada beberapa. Yang perlu di-highlight adalah tentang Si Kumbi, tokoh ciptaan KPK yang disematkan dalam berbagai buku cerita/dongeng tentang kejujuran. Mereka menyebutnya Buku Seri Tunas Integritas: untuk TK/PAUD. Pas di-googling ternyata ada e-book nya dan juga ada video lagu pendukungnya. Sederhana dan bagus untuk menyampaikan beragam jenis penerapan kejujuran di kehidupan sehari-hari.