Mendongeng Episode False Celebration

Jadi tadi malam skip dongeng.. Sembari ngeliatin bocah pas tekun nonton kisah nabi.. Karena sudah 2 minggu ini diterapkan aturan nonton cm boleh habis Isya. Maka teteh punya berbagai ide supaya ada keringanan. Mulai dari yang ditonton hanya lagu sampai muter film islami. Jadi notabene ada manfaatnya menambah vocabulary dan pengetahuan Islam.

Ya tetep sih gagal mendongeng hari itu.

Membentuk rutinitas emang gak gampang. Misal motivasinya sudah besar, tapi kondisi rutin di sekitar berubah2, maka buat create habit baru juga jadi gak mudah.

Diingatkan kembali soal “false celebration”. Sama seperti hal lain, membentuk habit, atau mengajarkan sesuatu ke diri sendiri maupun ke anak gak ujug2 jadi. Bad habit die hard. Also, understanding needs repetition. Di tengah-tengah repetisi itu, ada saja momen-momen kembali ke lembah zombie (istilah saya utk masa lalu kelam baik itu berupa kebodohan maupun bad habit). Namun change memang seperti itu. Gak mulus. Naik turun, tapi margin kenaikannya lebih tinggi daripada penurunannya. Jadi balik ke quote jawa: alon-alon asal kelakon.

Ya begitu. Hari ini sesuai judul. Dokumentasi kegagalan alias “false celebration”. Sekian. Jadi inget film meet the robinson. Dimana di keluarga dibiasakan “hore hore” tiap mendapati kegagalan dalam berbuat sesuai, karena dari gagal kita belajar banyak, dari keberhasilan, hmm “not so much”.

Jut, keep moving forward ~meet the robinson