Teladan Nabi dalam Berkisah

Inspirasi dan pengingat untuk kembali belajar dari Nabi Besar Muhammad Shalallaahu ‘Alayhi Wasallam datang dari sesi berbagi kemarin di kelas Bunda Sayang oleh teman, mba Hanifati. Selain itu juga kisah bisa diperoleh dari kisah para nabi lainnya dan orang soleh di masa lalu untuk diteladani sifat dan prilakunya. Hasil share kemarin ditutup dengan ayat pengingat bahwa di dalam kisah-kisah tersebut ada hikmah untuk orang yang berakal. What a nice discussion 🙂

Nah pagi ini materi HSI (Halaqah Silsilah Ilmiah) sungguh selaras, yaitu mengenal nabi Muhammad sebagai pembawa berita dari Allah. Berita bisa mengenai masa lalu, yaitu kisah para nabi dan umat terdahulu, maupun masa yang akan datang, yaitu setelah kematian dan dan hari akhir.

Diawali dengan niat, dan kemudian universe (Pencipta-Nya) yang akan bantu.

Mungkin niat belajar walaupun tidak besar, yang masih belum diikuti (karena alasan malas) dengan konsisten, mengenai membiasakan bercerita dan mendengarkan cerita, dijawab oleh Allah. Saya diberikan inspirasi yang berturut-turut agar bisa paham dan mengingat pentingnya dan bagaimana caranya. Alhamdulillah.

Dulu suka bingung, kenapa harus nonton dan baca cerita nabi-nabi, trus ke anak juga gitu. Padahal alasannya simply ya karena itu sumber belajar terbaik mengenai nilai kehidupan. Gak dibikin ribet, gak usah dipikirin pula benar salahnya pakai logika. Jika dari dalil yang shohih maka tidak akan bertentangan dengan akal sehat, dan kebenaran itu ada di dalamnya. Jika shohih, tapi masih bikin dahi mengernyit tandanya yang emang kurang cerdas dan kurang banyak baca saja.