Havees Aplikasi untuk Menghafal Quran

Menghafal surah-surah dalam Al-Quran pastinya selalu menjadi wacana setiap orang. Yang membedakan satu orang dan yang lainnya adalah hanya wacana, atau wacana yang kemudian direalisasikan. Saya termasuk yang pertama. Ada saja alasan untuk tidak konsisten menjalankannya. Menghafal dalam satu periode tentunya tidak masuk hitungan karena yang terpenting di sini adalah konsistensinya sekalipun ada berbagai kesibukan.

Beberapa aplikasi telah saya coba untuk membantu melakukan hal ini. Baik untuk diri sendiri, yang kemudian bergeser jadi ke teteh. Dulu saya memakai Memorize, aplikasi buatan luar untuk iPhone. Lumayan jadi terlihat progress untuk berapa ayat dalam 1 surah yang berhasil dihapal.

Nah beberapa bulan terakhir saya menggunakan sebuah aplikasi Quran untuk tilawah, Quranesia. Buatan orang Indonesia. Cukup seamless dan sesuai harapan, setidaknya semua fitur dasar seperti pencarian ayat, halaman, bookmarked, sampai notes ada. Ketika menjelang bulan puasa saya dikejutkan dengan upgrade total aplikasi ini. Total Free. Akan tetapi tampilan dan interface nya semuanya baru. Segar. Mudah. dan yang terpenting menyenangkan penggunanya. Sesuai deskripsi dari mereka: beautiful Quran. Semoga tim pembuatnya dari Rimbunesiamendapatkan amal jariyah.

Saya sengaja mencari jalur non-free yang ternyata ada dalam bentuk aplikasi di Macbook. Niatannya sekedar memberikan apresiasi atas usaha mereka dakwah dengan menyenangkan. Dari sana, saya juga beride menggunakan aplikasi Rimbunesia lainnya.

Salah satunya Havees, aplikasi untuk menghafal surah dalam Quran. Aplikasinya masih sederhana dibandingkan Memorize. Akan tetapi tetap saya coba karena ya itungannya mendukung produk dalam negeri.

Cara kerja Havees dimulai dari membuat target hafalan, surah apa, berapa ayat. Kemudian sebuah target dijadikan 1 modul yang jika kita klik akan diteruskan ke halaman yang berisi range ayat yang telah kita pilih. Untuk satu surah, kita bisa berkali-kali membuat standar. Semisal surah panjang, targetnya bisa ayat 1-5, kemudian diteruskan dengan 6-10, dan seterusnya. Sebagaimana aplikasi memorisasi lainnya, Havees juga dilengkapi dengan Sound, berisi murottal range ayat yang sedang kita pilih.

Sampai hari ini saya belum menemukan tombol untuk menandai bahwa kita sudah selesai menghafal. Ada pula fitur purchase full version seharga Rp 29.000. Mungkin ada beberapa fitur tambahan di dalam full version. Mari kita coba-coba lagi terlebih dahulu. Semoga bisa memudahkan kita semua dalam menghafal ya. Ayat dan transalasinya sepertinya mengadopsi dari Quranesia karena sama cantik tampilannya πŸ™‚

Sekian dulu review aplikasi hari ini. πŸ™‚