Hopster Coding – Game Logika untuk Anak

Saya pernah membaca salah satu tulisan dari McKinsey bahwa pendidikan dasar di masa depan salah satunya harus diisi dengan programming. Menurut saya pernyataan ini tidak lebay sih. McKinsey pasti sudah riset panjang sebelum mempublikasikan tulisannya.

Jika kita kaitkan dengan fenomena saat ini dimana teknologi terus berkembang. Awalnya teknologi hanya sebagai alat bantu. Akan tetapi semakin ke sini fungsinya semakin bergeser menjadi kebutuhan dasar.

Jika anak-anak kita tidak dibekali kemampuan logic sederhana, maka ya selamanya dia hanya jadi follower dan user dari berbagai aplikasi. Padahal sebenarnya potensi pemanfaatan sebuah aplikasi bisa sangat besar jika penggunanya kreatif. Untuk menimbulkan kreativitas inilah, anak-anak, walau mereka generasi-z sekalipun.

Ya pengenalan kemampuan logika pemrograman sedikit-sedikit tidak bahaya, kan?

Profil Aplikasi

Nama: Hopster Coding Safari
Developer: Hopster
Deskripsi: game pra-pemrograman untuk anak

Link AppStore ada di sini.

Review Aplikasi

Ketika pertama kali Runni menemukan aplikasi ini di HP saya, dia senang. Sebelumnya dia main aplikasi serupa bersama ayahnya. Aplikasi menemukan jalur supaya tokoh dalam game tersebut bisa menyalakan lampu.

Pada aplikasi ini, tokohnya adalah binatang. Avatar yang digunakan pun sangat lucu dan menarik untuk anak-anak.

Tantangan pada game tersebut adalah menyusun lantai sehingga binatang bisa melewati dan masuk ke tujuannya. Walaupun tujuannya berupa kolam sehingga dia bisa nyebur (^^)!

Awalnya jalurnya mudah saja. Semakin naik level semakin sulit (ya tentunya) yang juga disertai beberapa binatang sekaligus yang ingin lewat.

Game nya cukup seru, sekalipun sederhana. Orang tua pun pastinya senang memainkannya. Dengan demikian sekarang kita punya alternatif bermain bersama anak menggunakan gadget πŸ˜‰