Father’s Day: Storytelling

Salah satu program di sekolah teteh adalah ada 1 hari dalam seminggu yang diisi sesi bercerita oleh ayah. Para ayah ini bergiliran bercerita sesuai jadwal availability masing-masing. Komentar umumnya sih lebih nderegdeg daripada presentasi ke client.. hahaha.. Berkah itu kalau ada anak piyik yang selalu semangat menanggapi dan menjawab pertanyaan 🙂 mengurangi momen mati gaya…

Read More

There’s Always an Imagination for Them

Jadi kemarin itu sedang di perjalanan, persisnya di atas kereta. Selalu lupa bahwa 2 bocil ini selalu bisa paling ribut segerbong. Jadi mungkin 6 jam perjalanan isinya hanya instruksi mengecilkan volume atau udahan dulu ngomongnya. Seperti biasa teteh kalo gak di depan HP akan siaran radio, yang batrenya gak abis-abis. Semacam semua hal dikomentarin, bisa…

Read More

Mendampingi Screentime Anak

Jadi sebenarnya mendongeng gak mlulu via buku, atau bikin cerita sendiri ya. Kemarin mencoba menyelaraskan antara jam nonton dengan kegiatan dongeng/menyampaikan value ke bocah. Sebenarnya ketika dia nonton baik di tv mapun gadget yang penting kitanya menemani. Walaupun kadang mati bosan karena diulang lagi diulang lagi. Kadang juga yang ditonton cuma acara hiburan. Tapi sebenarnya…

Read More

Mendongeng Episode False Celebration

Jadi tadi malam skip dongeng.. Sembari ngeliatin bocah pas tekun nonton kisah nabi.. Karena sudah 2 minggu ini diterapkan aturan nonton cm boleh habis Isya. Maka teteh punya berbagai ide supaya ada keringanan. Mulai dari yang ditonton hanya lagu sampai muter film islami. Jadi notabene ada manfaatnya menambah vocabulary dan pengetahuan Islam. Ya tetep sih…

Read More

Mendongeng lagi dari buku Muhammad pun Bercerita

Jadi kemarin masih melanjutkan mendongeng cerita dari buku Muhammad pun Bercerita. Gagal. Karena sayanya ngantuk haha. Jadi anaknya sibuk bercerita sendiri sambil melihat gambarnya. Akhirnya dia minta 3 halaman saja yang diceritakan. Cerita tentang keutamaan Nabi Ibrahim yaitu tidak terbakar api, Nabi Musa tidak mau dicabut nyawa, dan Nabi Ibrahim berserta raja yang zalim. Yang…

Read More

Bercerita dari Nabi Muhammad

Nah salah satu pilihan bercerita (bukan mendongeng karena kisahnya nyata) adalah buku ini. Teteh minta ceritain isi buku ini. Kalo dia ke kamar bawa buku ini udah bad news aja :)) karena isinya panjaang,, Means, mamah pasti sering ketiduran pas ngebacainnya.. Tapi suka amazed sih baca isinya kalau berhasil gak ketiduran dalam 1 halaman. Banyak…

Read More

Episode Dongeng Seri Anak Santun

Jadi masih meneruskan misi menyembuhkan runni dan mamah dari penyakit zombie youtube dan netflix, jam 9 udah mo bobo dan sesi bercerita. Walaupun selalu diselingi diam mendadak karena tiba-tiba gak sadarkan diri. “Mamaaaah, jangan ketiduran” Kasian eneng, semacam anak siap mendengarkan dongeng, tapi berperan ganda juga jadi satpam kalo emaknya ketiduran di paragraf tertentu. Uh.…

Read More

Mengenal Si Kumbi

Jadi sesi mendongeng berikutnya alhamdulillah bisa diterapkan selaras dengan pelaksanaan control gadget di rumah. Bangga deh sama teteh, dia kerja keras menahan diri menonton. Tetap minta, tapi ya gak guling-guling ketika dilarang. Sesekali terdengar dia bangga ke adiknya bilang: teteh aja bisa gak nonton. Sudah seminggu terakhir kami menerapkan hanya boleh nonton baik untuk ortu…

Read More

Creativity as Part of Learning Process

Melihat anak mencoba hal baru tanpa diajarin, dengan menggunakan idenya sendiri, caranya sendiri, menyadarkan kembali bahwa semua itu bagian dari proses belajar dia. Kreativitas dapat kita peroleh dari usaha melakukan sesuatu, dengan ide kita sendiri, dan yg terpenting cara kita sendiri. Tanpa paksaan. Tanpa arahan. Tanpa upaya ikut-ikutan. Berbeda itu boleh. Indeed. Berbeda namun tetap…

Read More

T for Tactfully

Definition of tactfully in English: With skill and sensitivity in dealing with others or with difficult issues. Contoh gampangnya pas teteh ngasuh adik.. lebih paham dan bijak daripada mamanya. Peka adiknya mau apa, atau lagi takut apa, jadi sok manja minta gendong. Padahal raksasa.

Read More